BRIFO - Menjalani rutinitas bekerja kadang membuat seorang bosan sehingga membuat dirinya kehilangan konsentrasi dalam melakukannya. Apabila semua perkerjaan yang dilakukan tidak dengan fikiran yang fokus akan membuat kesalahan-kkesalahan yang akan merugikan pelakunya sendiri.
Agar tetap fokus dalam melakukan rutinitas harian anda dan agar yang anda lakukan dapat memberikan hasil yang positif, berikut beberapa tips nya
- Lakukan sesuatu dengan senang hati
Sebelum melakukan rutinitas, cobalah bertanya pada diri sendiri mengapa anda harus melakukan hal itu. Tentu dibalik itu semua ada yang ingin anda capai, dan disanalah anda timbul rasa menghargai, dimana anda akan menghargai setiap hal yang anda lakukan.Dengan menghargai setiap pekerjaan yang anda lakukan, maka anda pun akan melakukannya dengan senang hati dan fikiran anda akan tetap fokus terhadap pekerjaan tersebut.
- Ciptakan suasana yang rapi dan nyaman
Kondisi area yang serba berserakan akan mengakibatkan kehilangan fokus anda terhadap apa yang anda lakukan, dimana biasanya file-file yang bertumpuk, alat tulis, tas, laptop dan makanan yang bertumpuk di atas meja akan sangat menghabat pergerakan anda dalam menyelasaikan tugas-tugas anda. Maka mulailah untuk menata rapi benda-benda tersebut diatas meja kerja anda, pastikan mata anda anda nyaman untuk melihatnya dan pergerakan andapun tidak terhalang olehnya.Apabila suasana tempat anda melakukan pekerjaan terlihat rapi dan bersih, makan anda akan nyaman untuk tetap melakukan atifitas, dan fikiran anda akan tetap fokus samapi pekerjaan itu selesai.
- Sediakan minuman saat bekerja
Setiap kegiatan yang anda lakukan akan menguras tenaga dan fikiran, secara bertahap akan menimbulkan kelelahan dan kehilangan kesegaran.
Sebaiknya anda menyediakan minuman diatas meja kerja anda, tidak hanya menyehatkan namun akan memberikan kesegaran dan semangat anda untuk kembali fokus dalam melakukan perkerjaan.Minuman yang mengandung asam seperti lemon dan jeruk nipis lebih cepat menghilangkan kelelahan anda mengembalikan kesegaran anda untuk lebih fokus dalam bekerja.
- Lakukan perencanaan
Mungkin anda merupakan seseorang yang memiliki banyak pekerjaan yang harus anda selesaikan, dikejar tuntutan membuat anda menjadi terburu-buru hingga lupa apa yang harus anda lakukan terlebih dahulu dan membuat anda tidak lagi fokus akan pekerjaan tersebut.
Sebaiknya anda membuat perencanaan untuk setiap pekerjaan yang akan anda lakukan, baik sekarang maupun untuk berikutnya. Sehingga anda dapat menyelesaikan setiap pekerjaan dengan lebih fokus.Perencanaan akan sangat membantu meringankan fikiran anda dalam situasi kerja yang serba mendesak. Dan anda pun bisa fokus menyelesaikan pekerjaan tersebut satupersatu.
- Cobalah mengendalikan masalah
Setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri, terutama masalah dalam kehidupan keluarga. Bagi setiap orang yang tidak mampu mengendalikan masalahnya, itu akan membuatnya tidak akan fokus dengan hal-hal yang ia lakukan. Melakukan sesuatu dengan suasana hati dan fikiran yang sedang kacau tidak akan memberikan hasil yang baik.Maka cobalah kendalikan masalah anda. Apabila itu terjadi di rumah, jangan membawanya ketempat anda bekerja, atau sebaiknya menyelesaikan terlebih dahulu sebelum anda kembali melakukan tugas-tugas anda.